PEMBELAJAR MERDEKA (K-21) AKUAKULTUR

Kurikulum 2021 I MBKM

Program Studi Akuakultur Universitas Tadulako telah melakukan sinkronisasi kurikulum 2021 dengan MBKM dalam rangka implementasi merdeka belajar di perguruan tinggi, demikian pula kurikulum yang lebih fleksibel senantiasa dikembangkan agar pendidikan berbasis capaian luaran dapat terlaksana dengan baik”.

—–

Selamat datang paradigma baru pendidikan yang merdeka. Semangat kemerdekaan telah menaungi rasa, raga, dan karsa dalam menciptakan inovasi tiada henti. Tanpa ragu dan bimbang, kita dapat menetapkan keyakinan bathin, membangun kepercayaan akan masa depan gemilang.

Saatnya mengambil peran di masa depan, dengan kendali diri di masa kini. Layaknya membangun pondasi pengetahuan, mahasiswa pembelajar merdeka dapat melakukan orientasi peran yang dapat diembannya. Menentukan suplemen pengetahuan yang dibutuhkan untuk kesuksesan karir adalah suatu keharusan. Mahasiswa tidak lagi menjadi individu pasif di dalam ruang kelas yang sempit, namun insan cendekia telah menguasai jagad raya melalui dharma adiguna.

Kurikulum 2021 (K-21) yang tersinkronisasi MBKM secara resmi digunakan pada Semester Gasal 2021/2022, memberikan kemerdekaan bagi Mahasiswa untuk melakukan rekognisi mata kuliah. Dalam kurikulum 2021 Program Studi Akuakultur Universitas Tadulako, bentuk kegiatan pembelajaran dapat diakomodir menjadi kredit perkuliahan. Bentuk kegiatan perkuliahan semakin dinamis dan fleksibel, yang dapat dipilih oleh Mahasiswa baik di Institusi Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian, Instalasi Budidaya Perikanan, dan atau Perusahaan.

Sebagai contoh, Mahasiswa Akuakultur dapat mengambil magang selama Satu Semester pada Instalasi Perikanan Budidaya, luaran magang tersebut dapat dikonversi menjadi kredit (SKS) mata kuliah setara dengan 20 SKS/Semester.

Program Studi Akuakultur bersama Unit MBKM Fakultas Peternakan dan Perikanan sedang giat melakukan sosialisasi MBKM kepada sivitas akademika agar pemahaman terhadap berbagai program dapat tersampaikan dengan baik. Saat ini beberapa mahasiswa telah memilih kegiatan MBKM dalam berbagai bentuk kegiatan pembelajaran, seperti: pertukaran pelajar, magang, wirausaha, dan riset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *